Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Sering Diabaikan, Berikut Ulasan Terkait Kesehatan Wanita dari SehatQ.com

Sering-Diabaikan,-Berikut-Ulasan-Terkait-Kesehatan-Wanita-dari-SehatQ.com

Sesuai dengan ungkapan yang sudah ada sejak lama bahwa sehat itu mahal harganya memang benar adanya. Saat kondisi tidak sehat, Anda harus menjalani perawatan dan istirahat cukup sehingga tidak bisa melakukan aktivitas seperti hari-hari biasanya. Apabila Anda seorang pekerja maka Anda akan kehilangan penghasilan dalam jangka waktu tertentu. SehatQ.com mengajak Anda untuk selalu menjaga kesehatan dimanapun, kapanpun dan dalam kondisi apapun.

Kesehatan Bagi Wanita

Kesehatan Anda dapat berpengaruh kepada orang lain. Pekerjaan rumah menjadi tidak terurus, sarapan untuk keluarga jadi tidak sehat dan bisa menulari anak-anak membuat seorang wanita harus ekstra menjaga kesehatannya. Berikut ulasan mengenai kesehatan anggota tubuh wanita yang harus Anda perhatikan:

1. Kesehatan Vagina

Anda mungkin sering mendengar sabun pembersih kewanitaan atau sabun miss V yang dijual di berbagai apotek maupun toserba terdekat. Sebenarnya sabun pembersih kewanitaan tidak begitu diperlukan sebab ekosistem vagina bisa menjaga kebersihan dan keseimbangan pH dengan cara mengeluarkan cairan vagina.

Menggunakan sabun kewanitaan untuk mengatasi bau justru bisa mengganggu keseimbangan pH alami dari vagina. Cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan membersihkan bagian terluar vagina yaitu vulva dengan air hangat. Arah membersihkannya adalah dari depan ke arah belakang untuk menghindari bakteri dari anus tersebar ke vagina.

2. Kesehatan payudara

Ada beragam penyakit yang dapat ditimbulkan oleh payudara salah satunya adalah kanker payudara dan juga tumor. Anda harus peduli dengan kesehatan payudara dengan terus senantiasa menyadari kondisi dan keluhan yang dialami. SehatQ.com memberikan tips kepada Anda untuk menjaga kesehatan payudara dari serangan penyakit. Konsumsi makanan sehat dengan rutin dan hindari makanan olahan yang mengandung bahan kimia.

Periksa payudara secara rutin dengan melakukan metode SADARI (periksa payudara sendiri). Apabila Anda menemukan benjolan segera berkonsultasi pada dokter untuk mendapatkan perawatan.

3. Kesehatan Rahim

Rahim menjadi salah satu bagian tubuh yang sangat krusial bagi wanita sebab di dalam rahim lah artinya janin akan berkembang. Penting bagi Anda untuk menjaga kesehatan rahim dan alat reproduksi. Hal yang dapat Anda lakukan untuk menjaga kesehatan rahim antara lain dengan mengidealkan berat badan.

Berat badan yang ideal akan berdampak baik pada kesehatan rahim sebab dapat menjaga kestabilan kadar hormone estrogen yang berpengaruh pada kesuburan Anda. Selain itu, Anda harus menghindari kebiasaan menahan buang air kecil. Hal ini dapat menyebabkan infeksi saluran kemih dan juga disfungsi buang air kecil.

4. Kesehatan Rambut

Kesehatan rambut sering diabaikan terutama oleh wanita berhijab. Rambut yang merupakan mahkota wanita harus senantiasa dijaga kerapian dan kebersihannya. Setidaknya apabila Anda tidak mengenakan hijab dan memiliki kulit kepala berminyak setidaknya keramas dalam dua hari sekali. Apabila Anda memiliki kulit kepala normal atau mengenakan hijab ketika beraktivitas, keramaslah satu atau dua kali dalam seminggu.

Perhatikan shampo yang cocok dengan permasalahan kulit Anda. Selain itu, hindari mencampurkan berbagai jenis shampo dengan dalih untuk menghilangkan keluhan dalam sekali dayung. Sebab kandungan bahan kimia pada setiap shampo yang Anda campur justru bisa merusak kulit kepala.

Ketika Anda menemui gangguan pada kesehatan anggota tubuh yang telah disebutkan di atas, segera cari dokter dan konsultasikan permasalahan Anda melalui platform SehatQ. SehatQ.com dapat membantu Anda dalam memperoleh perawatan kesehatan untuk wanita. Ingat bahwa memperhatikan kesehatan Anda sangat penting untuk mendeteksi penyakit sedini mungkin.

Posting Komentar untuk "Sering Diabaikan, Berikut Ulasan Terkait Kesehatan Wanita dari SehatQ.com"