Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Ini Dia Jenis Olahraga yang Cocok untuk Lansia

Ini-Dia-Jenis-Olahraga-yang-Cocok-untuk-Lansia
Hellosehat.com

Menjaga kesehatan tubuh dengan rutin berolahraga memang sangat direkomendasikan untuk para lansia. Selain sehat, berolahraga secara rutin bisa membantu mencegah tubuh terserang penyakit. Inilah yang menjadi salah satu alasan mengapa banyak perawat lansia yang menyarankan lansia yang dirawatnya untuk selalu berolahraga.

Hanya saja, olahraga yang dilakukan tentu lebih ringan dibandingkan dengan olahraga pada umumnya, berikut ini adalah beberapa di antaranya:

Yoga

Klikdokter.com
Selain menyenangkan, olahraga yoga sangat bermanfaat untuk membantu melenturkan tubuh, memperkuat, dan meregangkan otot tubuh. Tidak hanya itu saja, olahraga yoga ini juga memiliki fungsi menurunkan tekanan darah, mengurangi kecemasan, dan juga dapat mengurangi depresi. Untuk itulah, sangat direkomendasikan untuk dicoba oleh para oleh lansia. 

Bersepeda

Sehatq.com
Dengan menjalankan aktifitas yang menyehatkan seperti bersepeda secara rutin setiap hari, maka risiko terserang penyakit kronis dapat dikurangi dengan baik dan kebugaran tubuh pun tetap terjaga. Apalagi, ditambah jika jalanan yang dilalui saat bersepeda memiliki view atau pemandangan yang sangat indah, dengan begini tentu bisa mengurangi depresi, mengurangi kecemasan, dan membuat suasana hati menjadi lebih gembira.

Menari

Liputan6.com
Tak hanya menyenangkan, dengan menari bisa membantu mengurangi risiko penyakit jantung, meningkatkan daya ingat, serta menjaga keseimbangan tubuh sehingga sangat cocok untuk para lansia. Bukan hanya itu saja, jika kegiatan menari ini dilakukan secara rutin, maka bisa meningkatkan energi dan senantiasa memberikan suasana hati yang lebih menggembirakan.

Berjalan

Health.detik.com
Siapa sangka, aktifitas yang biasa dilakukan sehari-hari ini ternyata juga masuk dalam kategori olahraga yang cocok untuk lansia. Selain mudah dilakukan, berjalan juga memiliki manfaat yang tak kalah penting dengan olahraga lainnya. Berjalan mampu memberikan manfaat yang luar biasa seperti dapat meningkatkan stamina tubuh, membantu melawan penyakit tulang yang sangat mengancam kebanyakan orang pada usia lanjut, dan juga dapat memperkuat otot-otot tubuh sehingga sangat cocok dilakukan bagi kaum lansia. 

Demikian pembahasan mengenai jenis-jenis olahraga yang sangat cocok dilakukan para kaum lansia. Semoga artikelnya bermanfaat!

Posting Komentar untuk "Ini Dia Jenis Olahraga yang Cocok untuk Lansia"