Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5 Tips Membersihkan Peralatan Makan Bayi ini Perlu Moms Terapkan

5-Tips-Membersihkan-Peralatan-Makan-Bayi-ini-Perlu-Moms-Terapkan

Mempunyai seorang bayi sungguh sangat menyenangkan. Tidak jarang mereka membuat Moms lupa waktu karena asyik bermain dengannya. Oleh karena itu, kita harus menjaga kesehatan bayi supaya mereka tetap lincah dan aktif saat bermain. Bagaimana cara menjaganya? Kita mulai dari hal yang simpel, ya, seperti menjaga peralatan makan bayi agar tetap higienis sudah salah satu contoh bentuk perlindungan kita untuk mereka.
 
Menjaga kebersihan sangatlah penting bagi kesehatan tubuh, karena tanpa disadari terdapat banyak kuman yang bertebaran di lingkungan sekitar kita. Bayangkan saja, kita yang orang dewasa saja bisa sakit bila terlalu sering bersentuhan dengan kuman, bagaimana dengan anak bayi? Pastinya akan sangat sakit, ‘kan?

Nah, jadi langkah awal yang harus kita lakukan yaitu menjaga kebersihan peralatan-peralatan yang sering mereka pakai, seperti peralatan makan, baju, tempat tidur, kain sarung, dan yang lainnya. Akan tetapi, kali ini kita fokus ke cara membersihkan peralatan makan bayi terlebih dulu, ya. Seperti apa? Yuk simak penjelasan di bawah ini.

Membersihkan Peralatan Makan Bayi

Langkah awal untuk merawat kesehatan bayi kita yaitu dengan menjaga peralatan makan yang mereka pakai terjamin kebersihannya. Kita tidak boleh sembrono dan mengabaikan hal-hal kecil seperti sisa busa saat mencuci sendok atau sekadar mengusapnya dengan air keran. Bila keadaannya seperti itu, tanpa sadar kita membuat bakteri menempel dan memudahkan bayi terkena kuman, dan kemudian sakit.

Bukankah itu sangat menyedihkan? Akibat keteledoran kita, bayi yang biasanya aktif dan ceria, tiba-tiba menjadi pendiam dan malas untuk makan. Jadi, para ibu harus membaca ini, ya. 

1. Menjaga Kebersihan Tangan

Mungkin hal ini terlihat simpel, akan tetapi kerap kali kita lupa untuk mencuci tangan terlebih dulu saat ingin mengambil sendok ataupun mangkuk yang akan digunakan bayi. Nah, mulai sekarang jangan lupa untuk mencuci tangan sampai bersih ya, Moms.

2. Gunakan Sabun Cuci Khusus Bayi

Jangan samakan sabun cuci ketika kita ingin mencuci tumpukan piring di rumah dengan peralatan makan yang bayi kita gunakan ya, Moms. Zat yang dikandung sudah berbeda, dan takutnya akan mengganggu sistem pencernaan maupun kesehatan bayi. Jadi, kita harus lebih hati-hati dengan sabun cuci yang digunakan ya, Moms.

3. Gunakan spons yang berbeda

Nah, selain menggunakan sabun cuci yang berbeda, kita juga harus membedakan spons yang digunakan untuk mencuci alat makan bayi, ya. Mengapa harus berbeda? Kita tidak tahu apa saja yang terdapat pada spons yang kita gunakan untuk mencuci piring biasa, jadi untuk berjaga-jaga kita harus membedakannya mulai sekarang ya, Moms.

4. Bilas Dengan Air Panas

Kendala yang sering membuang kita bingung yaitu “apa yang harus dilakukan setelah mencuci peralatan makan?”. Nah, Moms tidak perlu bingung sekarang, kita cukup membilas atau menyiramkannya kembali dengan air panas, ya. Hal itu dikarenakan air panas dapat membunuh bakteri yang mungkin masih tersisa di peralatan makan yang sudah kita cuci.

5. Letakkan di Rak Yang Berbeda

Setelah kita mencuci peralatan makan bayi dengan baik dan benar, jangan lupakan untuk menyimpannya di rak ya, Moms. Jangan lupa untuk membedakan rak yang akan dipakai. Hal itu dikarenakan untuk mencegah adanya kontaminasi dengan bakteri-bakteri yang masih tersisa di peralatan makan yang kita gunakan.

Nah, bagaimana, Moms? Memang benar, terlihat sangat merepotkan, tetapi untuk kesehatan bayi kita, jangan lupakan tips ini, ya. Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "5 Tips Membersihkan Peralatan Makan Bayi ini Perlu Moms Terapkan"