Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Tips yang Harus di Perhatikan Saat Hendak Membuat Brownies Kukus

Tips-yang-Harus-di-Perhatikan-Saat-Hendak-Membuat-Brownies-Kukus

Resep awal dari kue brownies adalah hanya berupa gula, telur, tepung, mentega, coklat yang telah dilelehkan, dan kacang almond. Dari hal tersebut menjadikan resep brownies kukus tidak pernah berubah sejak ratusan tahun lalu. Pada saat ini pembuatan kue brownies sudah mengalami banyak modifikasi dengan beragam aneka rasa tambahan untuk brownies tersebut. Selain rasanya saja yang mulai di modifikasi begitu pula dengan cara proses pembuatannya juga mulai di modifikasi. Sampai detik ini sudah banyak sekali aneka variasi dari kue brownies dengan berbagai macam tampilan dan berbagai macam citarasa yang memiliki banyak ragamdan tentu saja menggoda. Akan tetapi dari kesemuanya tetap saja ada aroma bahan dasar kue brownies baik brownies yang di kukus maupun brownis yang di panggang tentunya tidak akan lepas dari aroma dari coklat yang begitu khas harum serta sangat menggoda selera. Ada beberapa tips yang perlu kamu perhatikan dalam membuat kue brownies ini. Yuk mari kita simak saja langsung untuk penjelasannya di bawah ini:

· Dalam pembuatan kue Brownies pada umumnya terdiri dari 3 langkah dasar yaitu mentega dan cokelat dicairkan, setelah itu telur dan gula dikocok bersama dan yang terakhir masukkan sedikit terigu. Trik yang harus kamu perhatikan jangan terlalu lama mengocoknya karena Brownies tidak akan menjadi basah, padat dan juga kenyal justru jika terlalu lama dikocok akan menyebabkan brownies menjadi keras atau berbentuk lapisan kering tipis pada permukaan kue, jadi kamu cukup mengocok bahan-bahan basah dan kering hingga tercampur saja jangan terlalu lama mengocok setelah terlur dimasukkan.

· Kebanyakan pada resep brownies dimulai dengan mencairkan mentega dan mencairkan. Tapi ada cara paling aman untuk proses ini yaitu dengan menggunakan 2 panci dengan ukuran yang berbeda. Panci yang berukuran besar diisi dengan air mendidih, lalu letakkan panci yang berukuran kecil di atasnya dan isi dengan kedua bahan tersebut, aduk-aduk sampai cokelatnya mencair.

· Untuk meningkatkan tekstur pada kue brownies, adonan yang mentah di loyang dapat kamu simpan dulu dalam lemari pendingin selama beberapa jam atau semalaman sebelum adonan dipanggang.

· Sebaiknya kamu menggunakan loyang dari stainless steel agar panasnya merata. Hindari penggunaan pinggan dari gelas maupun loyang yang berwarna gelap dan anti lengket, karena kue brownies bisa menjadi basah dan volumenya berkurang.

· Brownies juga bisa kamu panggang dalam cetakan muffin kecil, supaya nantinya kamu tidak repot memotongnya. Alasi loyang tersebut dengan dengan alumunium foil agar tetap bersih.

· Bila brownies yang kamu buat menggunakan kacang, sebaiknya gunakan kacang yang telah dipanggang untuk meningkatkan aroma kacang pada kue brownies.

· Ada berapa perbedaan lama waktu memanggang brownies? Untuk brownies dengan jenis fudge, keluarkan kue brownies segera setelah pinggiran kue sedikit menyusut dari loyang. Bagian tengah kue brownies masih sedikit liat dan lengket, tetapi nantinya akan segera mengeras setelah kue dingin. Untuk brownies jenis cake kamu tusukkan lidi ditengah kue, bila remah-remah kue melekat pada lidi berarti kue brownies kamu sudah matang.

· Biarkan kue brownies dingin diloyang sebelum dilepaskan dari loyang dan dipotong-potong.

· Brownies bisa tahan disimpan dalam wadah tertutup rapat. Sebaiknya kamu jangan dinginkan kue brownies di kulkas karena kuenya akan menjadi kering, kecuali jika memang kamu berniat menyimpan lama, karena kue brownies ini bisa tahan hingga 4-6 bulan jika kamu menyimpanya dalam freezer.

Posting Komentar untuk "Tips yang Harus di Perhatikan Saat Hendak Membuat Brownies Kukus"