Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Inilah Cara Tepat Cuci AC di Rumah

Kalau berbicara masalah mencuci atau membersihkan AC (Air Conditioner) memang membuat kita penasaran, karena ketika melihat AC kotor membuat kita gemas dan emosi mulai terusik. Bagaimana tidak, ketika AC kotor maka debu, kutu, jamur, dan bakteri menumpuk di bilah-bilah ventilasi dan filternya sehingga bercampur dengan udara yang dialirkan ke ruangan. Untuk itulah cuci AC harus segera dilakukan.
Sebelum memutuskan untuk membersihkan AC, Anda harus tahu terlebih dahulu bagaimana cuci AC yang benar. Hal ini karena AC adalah benda elektronik yang bisa saja rusak jika Anda tidak berhati-hati ketika membersihkannya. Berikut adalah cara cuci AC yang bisa Anda terapkan di rumah.
Persiapkan alat-alatnya terlebih dahulu
Alat-alat yang dibutuhkan untuk membersihkan AC adalah kuas berukuran sedang. Namun jika tidak ada Anda bisa menggunakan sikat gigi bekas. Selain itu juga siapkan obeng + (plus) dan – (min), selang air, gayung, ember, dan detergen pencuci pakaian, serta lakban. Untuk lakban ini nantinya dipakai untuk menutup saluran kabel yang ada pada AC.
Matikan semua sumber listrik
Ketika alat sudah disiapkan semua, jangan lupa untuk mematikan semua sumber listrik yang menghubungkan dengan AC yang akan Anda bersihkan. Sebab benda elektronik sangat sensitif terhadap air, sehingga mematikan sumber listrik yang mengarah AC menjadi hal yang penting untuk dilakukan sebagai upaya pengamanan.
Mulai bersihkan bagian luarnya
AC memiliki beberapa komponen, dan untuk bisa mengakses atau membersihkan bagian dalamnya Anda harus memulainya dengan membersihkan bagian luarnya. Lebih dari itu proses yang dibutuhkan untuk membersihkan bagian luar ini cukup membutuhkan waktu. Langkah-langkah yang bisa dilakukan adalah;
  1. Gunakan kuas untuk membersihkan debu atau kotoran yang menempel di bagian celah-celah kecil yang berbentuk seperti radiator mobil. Kalau kuas tidak bisa menjangkau ruang-ruang yang sempit, Anda bisa menggunakan sikat gigi bekas.


  1. Siapkan ember plastik dan detergen. Penuhi air dan tuangkan detergen secukupnya.
  2. Buka penutup luar yang terbuat dari plastik.
  3. Selanjutnya siramkan air di ember tadi ke celah-celah dari sisi depan. Anda tidak perlu melepaskan kipasnya. Siramlah dengan cara mengayunkan tangan Anda, siramlah dari celah-celah kipas.
  4. Jangan menyiram ke arah terlalu kanan, karena box yang dilindungi plat seng itu mesin komproser.
  5. Kalau sudah bersih, pasang kembali penutupnya yang melindungi kipas dan diamkan sampai benar-benar bersih kurang lebih 2 jam.
Lanjut bersihkan bagian Indoornya
  1. Penutup AC dibuka terlebih dahulu dengan memanfaatkan obeng.
  2. Lepas kabel atau soket yang menghubungkan swing pengarah angin. Selanjutnya tarik swing ke arah depan. Kalau sudah terbuka swing-nya maka mulai bersihkan AC seperti membersihkan bagian luar tadi.
Itu tadi cara yang tepat membersihkan AC yang bisa diterapkan di rumah. Kalau memang Anda masih bingung dan tidak punya waktu untuk mencuci AC sebaiknya menyerahkannya pasa jasa cuci AC.

Posting Komentar untuk "Inilah Cara Tepat Cuci AC di Rumah"